4 Tips Mengelola Uang Usaha Dengan Benar

Dalam sebuah usaha, keuangan bagaikan jantung yakni hal yang sangat penting. Banyaknya pemilik usaha mengalami kesulitan dalam melakukan tata cara pengelolaan keuangan hingga menggunakan jasa audit. Mengelola keuangan secara tepat dan efektif merupakan kunci agar keuangan dalam peusahaan tidak mengalami kebocoran yang berujung kerugian.

https://auditakuntansi.com/

Mengelola keuangan usaha sangat berbeda dengan mengelolaan uang pribadi. Dibutuhkan keahlian khusus dalam melakukan menajemen keuangan, sehingga banyak oranh merekrut orang yang sudah berpengalaman yakni jasa audit.

Tentu dalah berwirausaha anda tidak mau rugi bukan? Nah hal inilah peran jasa audit yang sangat penting, yakni menyajikan prlaporan keuangan dengan rinci dan jelas, sehingga dana dari perusahaan anda dapat terkontrol.

Berikut cara mengelola keuangan usaha anda dengan benar.

  1. Pisahkan uang usaha dengan uang pribadi

Mencampurkan antara uang usaha dengan uang pribadi adalah hal yang paling sering dilakukan oleh para pelaku usaha. Hal ini nantinya akan berimbas pada kesulitan saat dilakukan audit. Sehingga anda harus membedakan secara fisik antara uang pribadi anda dengan uang usaha. 2. Lakukan perputaran kas

Dalam dunia usaha pengelolaan keuangan juga meliputi pengelolaan persediaan dan utang piutang. Lakukan perputsran kas dengan efektif. Usahakan waktu penjualan kredit sama dengan pembelian kredit. Anda harus bisa menekan tingkat persediaan agar memenuhi kebutuhan order tanpa membebani keuangan.

  1. Gunakan pembukuan

Agar pengelolaan keuangan jelas dan transparansi maka diperlukan pencatatan dan dokumentasi secara lengkap. Minimal anda harus menerapkan buku kas masuk dan las keluar. Lakukan pencocokkan antara saldo uang fisik dengan catatan anda setiap hari. Hal ini berguna untuk mengontrol transaksi keuangan serta memastikan tidak ada uang yang hilang atau terselip.

  1. Rencanakan penggunaan uang dengan baik

Membuat perencanaan penggunaan uang dengan baik akanĀ  mencegah anda kekuarangan uang dalam waktu yang cepat. Sesuaikanlah rencana pengeluaran dengan penerimaan kas dan target penjualan. Hindari rencana atau kegiatan yang tidak ada manfaatnya bagi usaha anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *